Berbisnis Makna di Abad ini

Apa maksud dari frasa di atas?
Apakah bisnis yang lebih mengedepankan nilai daripada keuntungan materi?

Kurang lebih seperti itulah maksudnya.

“Wah, kok mau berbisnis seperti itu? Rugi terus dong?”

Di abad ini telah banyak perkembangan kesadaran bisnis yang lebih mutakhir daripada bisnis biasa yang hanya mengejar materi tetapi kering akan makna. Ini model bisnis yang juga menjual makna.

Anda tak percaya? Silahkan cari informasi di internet dan media lain. Contohnya ada seorang wanita di Amerika yang membuka usaha makan unik. Bayarnya semampunya saja tanpa paksaan? Waw! It’s great! Amazing!

Vokalis band ternama Bon Jovi, John Bon Jovi juga membuka usaha restoran serupa. ‘Silahkan makan sesuka Anda, bayarnya sesuka Anda.’ Mau bayar pas? Tak apa. Mau bayar lebih juga ok saja (hihihi).

Hal ini dicontohkan juga pada jauh di awal kemunculan Islam. Salah seorang pengikut setia Nabi Muhammad SAW sekaligus saudagar brilian saat itu, Abdurrahman bin Auf berbisnis dengan pendekatan seperti ini.

Beliau tidak jatuh miskin, malah sukses luar biasa. ‘Butiran pasir saja (berkat anugerah Yang Maha Kuasa) bisa kuubah jadi emas lewat tanganku ini’.

Loh, kok bisa dan tak rugi? Itulah keajaiban berbisnis yang tak sekedar mengejar materi. Berbisnis tanpa makna itu seolah tanpa ruh. Sedangkan bisnis paripurna dengan melibatkan nurani dan spiritualitas adalah jauh lebih hebat.

Sepintas memang aneh, tapi sebenarnya bisnis seperti ini adalah ‘branding’ yang WAW! alias ajaib, amazing, wonderful.

Anda melibatkan seluruh aspek kesadaran nurani tertinggi Anda, juga melibatkan campur tangan Yang Maha Kuasa di dalamnya. Makanya ajaib.

Rejeki, atau bahasa Arabnya ‘rizqi’ bermakna luas. Bukan hanya uang dan isi perut saja. Dengan berbisnis, Anda jadi bertatap muka dan mengenal berbagai karakter orang, itu rizqi. Anda membantu meringankan penderitaan orang di sekitar Anda, itu juga rizqi karena jiwa Anda jadi terbebas dari sifat rendah dan hati Anda bahagia luar dalam.

Itulah bisnis hebat nan brilian di abad ini. Tak perlu takut miskin. Kecintaan dari Yang Maha Kuasa akan menyertai Anda. Branding Anda akan melonjak pesat. Masih belum yakin? Silahkan Anda buktikan sendiri. Sudah banyak contohnya.

Anda tertarik? Mari dicoba dan selamat berselancar dalam dunia yang penuh makna dan keindahan. Salam super.

——————–
Twitter: @snassier

(c) uj|snassier, since 2007.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s